Jumat, 17 September 2010

KARANGETANG MENGAMUK, PELAUT TERKETUK

Oleh: Ishak Sandala

Kabar tentang bencana Karangetang menggema sampai ke seluruh penjuru dunia dalam kecepatan yang tak kalah cepat dengan kejadiannya sendiri. Nun jauh di Afrika sana, telinga para pelaut di atas kapal AHTS Ark Tze menangkap cermat detail informasi perkembangan bencana tersebut. Sang Captain, Victor Tambelangi, M.Mar. menuturkan perasaannya dengan haru biru lantaran kampung Kinali-nya yang dihantam lahar dingin dan lebih lagi salah satu pihak yang kena bencana adalah kerabat satu darah bermarga Tambelangi.


Dengan menggunakan KM. Queen Mary Capt. Victor Tambelangi, M.Mar bersama keluarga berlayar menuju pulau Siau. Dengan niat mulia yaitu hendak memberikan bantuan kepada korban bencana Letusan Gunung Karangetang 06 Agustus silam. Langit masih gelap ketika rombongan tiba di pulau Siau. Sang Kapten pun memutuskan untuk menginap di Hotel Jakarta, Ulu. Keesokan harinya bersama istri dan kedua ponakannya melanjutkan perjalanan ke kampung halaman Desa Hiung.

Senin 24 Agustus 2010, bertempat di Gereja Pantekosta Jemaat Parakletos Kampung Kinali Capt. Victor Tambelangi, M.Mar menyerahkan bantuan langsung kepada para korban bencana. Acara ini juga turut disaksikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Sitaro, Drs. Herry Lano bersama beberapa orang stafnya.

Acara berlangsung dengan suasana haru, Solidaritas Pelaut asal Siau di Afrika memberikan bantuan berupa 10 kg beras untuk 54 kk, dan 10 lembar seng serta 5 sak semen untuk tujuh keluarga yang rumahnya rusak parah. Capt. Victor Tambelangi dalam sambutannya mengawali penyerahan bantuan tak mampu menahan air mata tanda turut merasakan duka mendalam yang dirasakan oleh para korban bencana. “Hanya ini yang bisa kami lakukan, kiranya bisa meringankan beban kita semua dalam menghadapi semua ini “ tutur sang Kapten menyudahi sambutannya.

Mewakili Pemerintah Daerah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Sitaro, Drs. Herry Lano yang adalah juga putra Sibarut menyampaikan rasa terima kasih kepada Solidaritas Pelaut asal Siau di Afrika, yang walaupun dari kejauhan masih bisa menunjukkan kepeduliannya atas bencana yang terjadi di kampung halaman.

1 komentar:

  1. saya kenal Capt Victor Tambelangi MM meskipun hanya 3x bertemu beliau adalah sosok yang memiliki soladaritas yang tingi dan berwibawa Capt Victor Tambelangi MM lebih akrap di panggil papakang, beliau juga pernah memberikan sumbangan secarah material di desa lia, dan beliaujuga kerap kali membantu para pelaut asal siau yang belum mendapat pekerjaan ataupun yang baru dan atau sedang sekolah di sekolah pelayaran menurut saya beliau adalah sosok pemimpin yang perlu di teladani.
    Harapan saya semoga SITARO memiliki pemimpin seperti beliau putra asli karangetang yg berwibawa dan berbudi luhur.

    BalasHapus